Pelaut lagi galau gara-gara sebuah email. “No more Pt. Ratu Oceania raya”.

No More Pt. Ratu Oceania Raya

Minggu lalu para pelaut Indonesia (Royal Caribean Cruise ltd) dibuat galau oleh sebuah email yang dikirim langsung oleh SHRSS COMMUNICATION (ROYAL). Isinya pemberitahuan tentang Hiring partner resmi dari Royal Caribean Cruise Ltd tidak lagi PT. Ratu Oceania Raya. Yang paling galau itu jelas pelaut-pelaut yang berasal dari Bali, sebab Hiring partner yang baru itu tempatnya di Jakarta dan di Jawa Timur. Teman-teman penulis pada bingung mau ngeReport kemana, dan pada bingung pada kemana nyari Letter Of Guarantee.

Cuma ada di Jakarta & Jawa timur… nah lo…

Ini sekedar Opini dari penulis ya, Btw.. memangnya kita (returning crew) pernah ngeReport ke Ratu Bali?? Bukannya semenjak ada MYRCLHOME.COM kita udah tidak perlu NgeReport ke Ratu atau ke Hiring Partner lagi, bener ga??.

Jadi masalah Report-NgeReport jangan dijadikan masalah coey… don’t worry… Trus Gimana dengan Letter Of Guarantee??. Info dari anak-anak yang baru Sign-on kemarin, Ratu Bali sudah berganti nama (lupa apa namanya sekarang), Mereka masih bisa mengeluarkan Letter Of Guarantee dan bahkan ada yang sebagian join ke kapal tanfa surat ini. Mereka lolos kok di Airport atau Imigrasi. Denger-denger sebenarnya kita tidak perlu yang namanya Letter Of Guarantee, kan kita sudah punya Job Letter atau LOE. Job Letter/LOE lebih punya kekuatan dibandingkan Letter Of Guarantee untuk menjamin seseorang itu bahwa pelaut yang sah dan memang benar kerja di sebuah perusahaan kapal pesiar.

no more…

Next… giaman dengan pengurusan surat-surat seperti Pasport, Visa, Seaman Book, BST?? Lagi-lagi penulis bertanya, emangnya pernah Royal nyuruh membuat dokumen-dokumen tersebut ke Ratu atau ke hiring partner?? Bukannya kita disuruh ngurus sendiri?? Kitanya sebagai pelaut aja yang ga mau repot-repot ngurus sendiri. Kita sebenarnya boleh memakai perantara siapa saja atau sendirian dalam pengurusan surat-surat ini.

Yang terakhir, Gimana dengan pengurusan Medicalnya, bukannya kita harus membawa surat pengantar dari Hiring Partner?. Nah ini yang masih membuat penulis bingung gimana prosesnya. Tapi ada solusi kok, kan bagi para Returning Crew Member udah bisa medical On-Board, ya… lakuin On-Board aja coey. Ya kalo ada kabar dari teman-teman, saya akan share lebih lanjut di kolom komen.

Sekian dulu, Bagi teman-teman yang masih binggung, mari kita sharing bersama-sama dan mungkin ada dari teman-teman pelaut yang punya info terUpdate, silahkan bagi infonya di kolom komen dibawah ini. Salam Pelaut… di laut kita jaya.

Please follow and like us:
error0
Tweet 20
fb-share-icon20

2 Replies to “Pelaut lagi galau gara-gara sebuah email. “No more Pt. Ratu Oceania raya”.”

  1. Salam kenal.
    Sorry mau tanya ini. Soal Letter of Guarantee
    Klo memang kita tidk menggunakan agensi (untuk urus surat2) apakah letter of guarantee itu masih diperlukan? Sedangkan sudah memiliki visa yg valid dan LOE. Apabila ditanya oleh pihak bandara dimana Letter of Guaratee dri agensi bagaimana?
    Saya kebetulan berkasus demikian dan akan berangkat. Sebelumnya saya menggunakan agensi tapi skrng sya urus semua sendiri.
    Mohon penjelasannya dan jawabannya.
    Terimakasih

    1. tinggal dimana bro??? kalau di bali bisa langsung ke pt samudera
      kalaupun nggak bawa letter of guarantee ga pa2… tunjukin saja LOE nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *